5 Tips Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Tepat

Tips Mengelola Keuangan Pribadi – Anda mungkin pernah melihat seseorang yang hanya memiliki penghasilan di bawah penghasilan Anda, namun orang tersebut mampu mencapai titik keuangan yang lebih tinggi dari pada Anda.

Hal seperti ini tentu tidak asing, bahkan bisa saja teman / sahabat Anda yang gajinya lebih rendah dari Anda. Justru lebih cepat memiliki sebuah rumah dan aset lainnya dibandingkan Anda.

Bukan mendapatkan sejumlah warisan atau penghasilan lainnya. Bahkan dalam rata-rata penghasilan yang sama antara dua orang sekalipun.

Bisa saja membawa kondisi ekonomi yang sangat berbeda di antara keduanya. Hal di atas sangat mungkin terjadi, bahkan di lingkungan terdekat Anda sekalipun.

Kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan pribadi nya, akan sangat mempengaruhi keberhasilannya dalam bidang keuangan itu sendiri.

Jika Anda memiliki manajemen keuangan yang baik, maka Anda tentu mampu membuat uang yang Anda miliki lebih produktif dan bisa bertambah dari waktu ke waktu. Atau setidaknya meski Anda bukan seorang pebisnis.

Maka Anda akan paham betul bagaimana cara untuk membelanjakan uang Anda degan bijak dan tepat. Artinya, semua uang yang Anda miliki akan terpakai sesuai dengan yang semestinya.

Tips Mengelola Keuangan Pribadi Yang Tepat

tips mengelola keuangan pribadi
tips mengelola keuangan pribadi

Mengelola keuangan dengan tepat sasaran mungkin saja bukan sebuah pekerjaan yang mudah, namun hal ini akan sangat membawa dampak yang positif di dalam kehidupan Anda.

Penting bagi Anda untuk memiliki aturan yang jelas di dalam keuangan, sehingga Anda bisa menjalankan keuangan Anda dengan efektif dan tepat sasaran.

Jangan sampai Anda memiliki penghasilan yang besar, namun selalu berakhir dengan sejumlah tagihan yang tidak terbayar di akhir bulan. Kondisi seperti ini akan membuat Anda hidup dari gaji ke gaji, tanpa memiliki pencapaian / peningkatan di dalam keuangan Anda.

Lalu, sampai kapan Anda akan menjalani kehidupan keuangan yang tidak berkulitas seperti ini? Mulailah menata keuangan Anda dengan lebih baik. Yakni dengan membuat berbagai kebijakan yang tepat di dalam keuangan itu sendiri.

Dengan begitu, Anda akan memiliki kebijakan-kebijakan yang menuntun Anda dalam mengelola keuangan Anda ke arah yang lebih baik.

Baca Juga:  Investasi Saham Reksadana, Khusus Pemula Sebaiknya Mengenal Ini

Simak beberapa poin penting Tips Mengelola Keuangan Pribadi yang tepat berikut ini, yang dapat Anda terapkan di dalam manajemen keuangan pribadi Anda. Agar kondisi keuangan yang Anda miliki menjadi lebih baik:

1. Mengelola Keuangan Pribadi Yang Seimbang dan Masuk Akal

Tidak masalah berapapun jumlah gaji Anda setiap bulannya, Anda wajib mengelolanya dengan menggunakan sebuah anggaran keuangan.

Anggaran yang baik adalah anggaran yang memenuhi semua kebutuhan pokok dengan tepat, dan juga bisa menempatkan sejumlah pos vital lainnya dalam porsi yang juga tepat.

Artinya, susunlah anggaran ini dengan masuk akal, di mana semua penghasilan Anda dapat memenuhi semua pos pengeluaran yang telah Anda tetapkan.

Selain kebutuhan pokok bulanan, ada beberapa pos wajib lainnya yang harus terdapat di dalam anggaran keuangan Anda. Antara lain: tabungan, investasi, asuransi, dana darurat, pendidikan anak, dan juga pos lainnya yang Anda anggap penting.

Upayakan untuk menempatkan dana dalam porsi yang tepat pada setiap pos ini, sehingga semua kebutuhan Anda saat ini dan di masa depan dapat terpenuhi dengan seimbang.

2. Tujuan Mengelola Keuangan Pribadi Yang Jelas

Mengelola Keuangan Pribadi

Anda juga harus memiliki tujuan dalam mengelola keuangan pribadi yang jelas sejak awal, sebab hal ini juga akan sangat mempengaruhi kesuksesan Anda dalam mengelola keuangan anda.

Jika Anda tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas, lalu bagaimana Anda akan mengarahkan keuangan Anda ke sana?

Tujuan keuangan akan sangat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan Anda, sebab ini bisa saja menjadi motivasi yang kuat di dalam diri Anda.

Namun jangan lupa untuk membuat tujuan keuangan yang juga masuk akal dan mungkin untuk Anda capai di dalam keuangan. Agar tujuan keuangan ini bukan hanya sekedar mimpi belaka bagi Anda.

Masing-masing orang akan memiliki tujuan keuangan yang berbeda, namun pada umumnya mereka akan menempatkan sebuah pencapaian / aset tertentu menjadi tujuan keuangan mereka. Misalnya: ingin memiliki mobil di usia 25 tahun, membeli rumah kedua di usia 34 tahun, dan yang lainnya.

Baca Juga:  Perencanaan Keuangan Keluarga Khususnya Yang Akan Memiliki Anak

3. Kelola Keuangan Pribadi Dengan Ketat

Tidak cukup hanya membuat angaran dan tujuan keuangan saja, Anda juga wajib memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan anggaran yang telah Anda tetapkan.

Hal ini akan secara otomatis membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam mencapai tujuan keuangan tersebut dengan baik. Kelolalah anggaran keuangan Anda dengan ketat, di mana semua pos pengeluaran diupayakan untuk bisa dihemat dengan sebisa mungkin.

Hindari berbagai pomborosan yang kerap terjadi di dalam keuangan Anda dan mulailah membedakan antara kebutuhan dengan keinginan, sebab kedua hal ini kerap terlihat sama di dalam pandangan.

Batasi pembelanjaan yang tidak perlu, terutama yang tidak tercantum di dalam anggaran keuangan Anda. Pangkas semua biaya yang sering Anda keluarkan untuk berbagai kegiatan yang tidak produktif. Seperti hobi mahal dan yang lainnya (misalnya koleksi motor, bermain golf).

Jika sewaktu-waktu Anda kewalahan dan merasa ada yang salah, maka segera lakukan evaluasi dan perbaikan pada anggaran keuangan. Hal ini akan membuat kondisi keuangan Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

4. Sisihkan Keuangan Pribadi Untuk Investasi dan Tabungan

5 Tips Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Tepat

Dalam Tips Mengelola Keuangan Pribadi yang baik, investasi dan tabungan adalah dua hal yang wajib disertakan. Investasi akan membantu Anda dalam mencapai target / tujuan keuangan.

Terutama jika tujuan keuangan Anda terbilang cukup tinggi dan membutuhkan banyak dana untuk mencapainya.  Lakukan investasi dengan jeli, di mana Anda memahami dan mengenal dengan baik instrumen investasi yang akan Anda beli.

Hal ini akan sangat mempermudah Anda untuk mengelola berbagai resiko yang terdapat di dalam investasi itu sendiri. Jika Anda kenal dan paham sejak awal.

Maka berbagai resiko yang mungkin datang menghadang di dalam investasi tersebut Akan mudah untuk Anda atasi dengan baik. Tabungan juga tak kalah pentingnya, sebab dana ini akan bisa Anda kelola di masa yang akan datang.

Bukan hanya itu saja, dana tabungan juga berfungsi sebagai dana darurat bagi Anda. Jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah / krisis di dalam keuangan.

Dana tabungan bisa membantu untuk memulihkan kembali kondisi keuangan, atau bahkan menjadi modal usaha jika ternyata Anda kehilangan pekerjaan utama yang Anda geluti saat ini.

5. Asuransi yang Tepat Sasaran

Hindari juga resiko kebangkrutan akibat sakit dan kehilangan pekerjaan. Belilah asuransi yang tepat sasaran, di mana Anda paham betul dengan semua pertanggungan yang bisa diberikannya jika sewaktu-waktu terjadi resiko.

Bukan hanya asuransi kesehatan saja, hal yang sama juga perlu Anda lalukan pada asuransi jiwa Anda (jika Anda memiliki tanggungan saat ini).

Pahami dengan baik isi polis Anda dan pastikan polis tersebut akan menguntungkan dan bermanfaat maksimal bagi Anda dan juga ahli waris Anda kelak.

Baca Juga:  4 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Meski pada awalnya terbilang susah, namun Tips Mengelola Keuangan Pribadi akan membantu Anda untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda secara keseluruhan. Mulailah menata keuangan Anda, agar hidup Anda lebih nyaman dan berkualitas dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *