Kirim ArtikelMenyalurkan Hobi Sekaligus Mendapatkan Penghasilan

Tips Mengelola Keuangan Yang Baik Demi Masa Depan Cerah

Tips mengelola keuangan yang baik bisa anda lakukan, dan pelajari dengan memperhatikan, serta mempertimbangkan segala aspek yang ada. Anda bisa memulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Dan selanjutnya anda baru mulai mendisiplinkan diri, untuk segala hal yang berhubungan dengan keuangan anda.

Mengelola keuangan yang baik tentunya ditandai dengan besarnya jumlah pengeluaran, adalah lebih kecil daripada besarnya jumlah pemasukan. Namun untuk mencapai kondisi semacam ini, diperlukan kedisiplinan dari diri anda sendiri.

Jika kedisiplinan tersebut sudah bisa berjalan dengan lancar, barulah anda mulai memupuknya agar bisa lebih meningkat lagi. Dengan begitu dijamin anda tidak akan mengalami kesulitan dalam hal keuangan.

Berikut ini ada tips buat anda mengenai pengelolaan keuangan yang baik. Yuk kita simak bersama-sama penjelasannya sebagai berikut :

1. Mengelola Keuangan yang Baik Dengan Mengurangi Kebiasaan Pergi Ke Mall

Terlalu sering pergi ke mall membuat kantong menjadi bocor. Niatnya cuma mau sekedar nongkrong, ujungnya-ujungnya melihat barang-barang bagus jadi tergoda untuk membelinya. Nah hal ini yang seringkali membuat keuangan menjadi kacau. Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Hemat

Biasanya pada saat belanja anda akan terbawa nafsu untuk terus membeli, tanpa adanya pemikiran yang panjang terlebih dahulu. Giliran sampai rumah baru sadar, sudah berapa banyak uang yang anda hambur-hamburkan untuk membei barang yang tidak penting.

Rasa penyesalan pun mulai muncul dan anda akan mulai menyalahkan diri anda sendiri. Kondisi seperti itu pun sudah sering saya rasakan dulu. Dengan berbekal pengalaman tersebut saya mulai sadar, jika memang terpaksa ingin menghibur diri hanya sekedar jalan-jalan ke mall, sebaiknya bawa uang secukupnya saja.

Credit card, ATM dan alat-alat lain yang bisa digunakan untuk transakasi belanja di tinggal saja di rumah. Dengan begitu kita akan menjadi lebih disiplin. Sebelum membeli sesuatu pastinya akan ingat berapa budget yang anda bawa.

Kalau memang tidak cukup, anda tidak akan membelinya bukan, karena mau bayar pakai apa. Mungkin cara ini bisa anda jadikan sebagai solusi terbaik untuk membantu menekan pengeluaran yang tidak diperlukan.

2. Menghindari Kebiasaan Makan Di Luar Setiap Hari

Jika masih bisa memasak di rumah, mengapa harus membeli makan di luar terus? Kebiasaan membeli makan di luar, secara tidak sadar akan menggerogoti sebagaian besar keuangan anda. Untuk itu kurangilah kebiasaan tersebut. Baca juga : Cara Mengatur Keuangan Pribadi, Bagi Yang Masih Berstatus Lajang

Makan masakan rumahan tentunya lebih terjamin kesehatan dan kehigienisannya. Selain itu dengan menerapkan kebiasaan masak sendiri, akan jauh lebih menghemat kondisi keuangan dibandingkan membeli makan di luar.

Sehingga penghematan yang sudah anda lakukan tersebut, bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih penting. Solusi yang tepat untuk mengurangi kebiasaan makan di luar adalah makan terlebih dahulu masakan rumahan sebelum bepergian atau pun melakukan perjalanan.

Jika perjalanannya dirasa jauh, membawa bekal makanan dari rumah adalah cara yang tepat untuk dilakukan. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, jika niat dan tekad anda sudah bulat serta tetap menjaga komitmen.

3. Menekan Biaya Transportasi

Kebiasaan kemanapun dan kapanpun pergi keluar rumah dengan menggunakan kendaraan bermotor adalah kebiasaan buruk masyarakat kita pada umumnya. Padahal kebiasaan seperti itu tanpa mereka sadari akan menguras keuangan mereka sedikit demi sedikit. Baca juga : Pengelolaan Keuangan Yang Tepat Untuk Dana Waris

Sebaiknya jika jarak yang ditempuh dibawah 1 kilometer, lebih efektif dan efisien dengan berjalan kaki saja. Sedangkan untuk jarak tempuh 1 kilometer sampai 3 kilometer, bisa anda tempuh dengan menggunakan sepeda. Jadi penggunaan kendaraan bermotor hanya anda gunakan untuk menempuh jarak lebih dari 3 kilometer.

Dengan begitu selain menghemat keuangan anda, perilaku tersebut akan membantu menghemat energi, dan tentunya membuat tubuh menjadi lebih sehat. Solusi yang mengurangi penggunaan kendaraan bermotor adalah solusi yang tepat untuk memperbaiki keuangan anda.

4. Mengurangi Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok selain berdampak buruk bagi kesehatan, ternyata juga berdampak buruk pada keuangan anda. Banyak orang yang lebih mengutamakan rokok dibandingan dengan makan. Sangat miris mendengarnya, setelah saya bertanya ke orang-orang yang sudah menjadi perokok berat. Baca juga : 10 Tips Keuangan Keluarga Bagi Pasangan Baru

Jika anda mau meluangkan waktu untuk menghitung pengeluaran setiap bulannya terhadap alokasi pembelian rokok, pasti anda akan tercengang. Dari pengalaman yang saya dapatkan dari teman yang mempunyai kebiasaan merokok, saya hitung pengeluaran rokok setara dengan pengeluaran untuk kebutuhan makan.

Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah anda masih bersikeras ingin tetap memenuhi kebutuhan rokok anda tersebut? Jika memang sulit untuk meninggalkan kebiasaan merokok seratus persen, maka anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit secara bertahap.

Solusi yang tepat untuk membuat keuangan anda membaik dengan cepat adalah mengurangi kebiasaan merokok anda tersebut, kalau bisa malah wajib meninggalkannya. Demi kehidupan dan kesehatan yang lebih baik.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tips mengelola keuangan yang baik, yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa memudahkan anda dalam membantu mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang sangat tepat dalam upaya menambah wawasan baru bagi anda. Baca juga : 7 Investasi Anak Muda Ini Akan Membuat Anda Sukses Di Usia 20-an

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips mengelola keuangan yang baik. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *