in

Tips Agar Tetap Tenang Saat Menghadapi Pasar Saham Bearish

Tips Menghadapi Pasar Saham Bearish, Dalam dunia investasi saham, terdapat dua istilah yaitu Bullish dan Bearish. Bullish merupakan sebuah kondisi dimana pasar saham sedang mengalami peningkatan atau penguatan. Hal ini dapat di pengaruhi dengan menguatnya kondisi ekonomi suatu Negara. Sehingga para pemegang saham bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih.

Sedangkan Bearish merupakan sebuah kondisi dimana pasar saham sedang mengalami penurunan atau melemah. Kondisi ini dapat di sebabkan karena pertumbuhan ekonomi pada suatu Negara sedang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Selain itu, meningkatnya jumlah pengangguran, laba perusahaan yang tumbuh negative, hingga deficit neraca perdagangan juga dapat menyebabkan melemahnya pasar saham dunia.

Berbeda dengan pada saat Bullish, ketika pasar saham sedang Bearish banyak investor yang mengalami kerugian. Hal ini di karenakan hampir semua harga saham akan ikut mengalami penurunan harga. Sehingga banyak investor yang terpaksa menjual investasinya dengan harga yang tidak sesuai ekspektasi.

Baca Juga: Investasi Saham atau Reksa Dana, Pilih Mana?

Memang dalam semua bidang investasi, pastinya akan ada suatu masa di mana anda mengalami kerugian. Bahkan seorang Warren Buffet dan Pak Lo Hen yang sudah terkenal sebagai seorang investor tersukses pun pernah mengalami kerugian. Namun, mereka semua bisa mengatasi masa – masa sulit pada saat pasar saham mengalami bearish dengan tenang. Sehingga, hanya tinggal menghitung waktu hingga semua kerugian yang mereka rasakan berubah menjadi keuntungan yang semakin berlimpah.

Tips Saat Menghadapi Pasar Saham Bearish

zonkeu-Tips Agar Tetap Tenang Saat Menghadapi Pasar Saham Bearish

Pada saat pasar saham Bearish, hampir semua investor akan mengalami kerugian. Namun, semua ini bukan tentang seberapa banyak anda kehilangan saham atau kerugian yang anda alami. Namun, bagaimana cara anda menghadapi lemahnya pasar saham dunia. Sehingga anda tidak mengalami kepanikan yang justru akan mengantarkan anda ke kerugian dalam jumlah yang lebih besar lagi.

Bagi beberapa investor dengan jam terbang tinggi, masa – masa pasar saham bearish mungkin sudah biasa mereka alami. Meskipun tetap mengalami kerugian, namun jumlah dari kerugian yang mereka alami semakin lama akan semakin berkurang. Namun, bagi anda yang masih baru pertama kali mengalami masa bearish, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tetap tenang dalam menghadapi pasar saham Bearish.

1. Mengubah Suasana Kerja

Ketika pasar saham sedang melemah, pastinya banyak mood dari para investor yang juga ikut mengalami penurunan. Baik dalam mood sehari – hari, maupun mood pada saat sedang melakukan trading. Sehingga sering kali proses trading berjalan kurang baik dan dapat menyebabkan kerugian yang semakin banyak.

Jika hal ini sedang anda alami, maka sebaiknya anda mengubah mood atau suasana kerja. Salah satu caranya adalah mengubah tampilan dalam ruang kerja. Jika anda sering bekerja di dalam ruangan, maka anda bisa mencoba bekerja di ruangan terbuka seperti taman atau kafe – kafe.

2. Jangan Melakukan Transaksi Ketika Sedang Bad Mood

Pada saat pasar saham sedang melemah, kebanyakan investor akan mengalami bad mood. Baik bad mood karena melemahnya pasar saham, ataupun bad mood yang di sebabkan karena hal – hal lain seperti masalah keluarga. Selain itu, akan ada banyak hal – hal sensitive yang bisa membuat susasana hati kita menjadi buruk.

Pada saat – saat seperti ini, sebaiknya anda jangan terlalu memaksa melakukan transaksi saham. Hal ini dikarenakan transaksi jual beli saham yang di lakukan dengan emosi, akan berujung dengan kurang baik.

Baca Juga: Tips Belajar Investasi Saham Pemula Untuk Calon Investor

Tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami kerugian yang semakin besar.
Selain itu, anda memerlukan suasana hati yang tenang pada saat menganalisa saham yang ingin anda jual. Sehingga anda tidak akan salah mengambil langkah dalam melakukan transaksi jual beli saham.

3. Mempelajari Laporan Keuangan Emiten

Kebanyakan investor akan memantau ticker harga saham yang ia miliki selama pasar saham sedang bearish. Padahal, cara ini merupakan cara yang salah dalam mengahadapi melemahnya pasar saham dan justru dapat membuat para investor semakin stress.

Sebaiknya anda melihat laporan keuangan terbaru yang di rilis oleh emiten. Dengan begitu anda bisa sedikit lebih tenang karena dapat mengetahui peluang – peluang kedepannya yang bisa anda manfaatkan kembali. Sehingga, selama pasar saham mengalami bearish, anda bisa menyusun rencana untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak saat pasar saham kembali menguat.

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Resiko Investasi Saham dan Cara Mengatasinya

Resiko Investasi Saham Yang Harus Anda Ketahui dan Cara Mengatasinya

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham, Calon Investor Harus Tahu