in

Tips Mengoptimalkan Blog/Website untuk Menambah Penghasilan

Tips Mengoptimalkan Blog/Website – Di era digital seperti sekarang ini, hampir tidak ada yang tidak mudah untuk dilakukan. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet, setiap orang dapat dengan mudah melakukan apa pun melalui genggamannya, baik untuk keperluan bisnis, berbelanja, bermain game, mendengarkan musik, menonton video, atau sekadar bersapa ria dengan kerabat dan teman.

Itulah mengapa jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan. Informasinya, pengguna internet di negara berkembang seperti Indonesia saat ini telah mencapai 143,26 juta. Belum lagi di negara maju dan berkembang lainnya, di mana penggunaan internet telah lebih dulu familiar.

Tips Mengoptimalkan Blog/Website untuk Menambah Penghasilan

Tips Mengoptimalkan Blog/Website untuk Menambah Penghasilan

 

Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi sebagian orang yang memanfaatkan teknologi internet untuk memperoleh penghasilan. Tidak terkecuali bagi para blogger atau pemilik website. Mereka dapat menggunakan Google AdSense, ataupun menjual konten untuk mereview suatu produk atau kegiatan lainnya untuk memperoleh tambahan penghasilan dari blog/website. Seperti apa caranya? Berikut beberapa cara atau tips mengoptimalkan blog/website untuk menambah penghasilan yang bisa Anda lakukan:

Memperoleh penghasilan tambahan dari Google Adsense. Ya, mendapatkan penghasilan tambahan dari google Adsense di blog/website bukanlah hal yang baru. Beberapa blog/website pun sudah banyak yang mengulasnya. Meski sebenarnya tidak membutuhkan keahlian tertentu, seorang yang ingin memperoleh penghasilan tambahan dari Google Adsense harus terlebih dahulu mengoptimalkan blog/websitenya. Caranya,

1. Tingkatkan kualitas konten di blog/website Anda

Hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas konten di blog/website adalah dengan meningkatkan kemampuan menulis Anda. Pasalnya, untuk bisa masuk menjadi publisher Google Adsense, konten di dalam blog/website Anda haruslah konten yang menarik, original, dan tentunya berisi hal-hal yang positif, bukan jiplakan atau bajakan dari blog/website milik orang lain.

Jika Anda memang belum memperoleh ide atau gagasan yang akan ditulis, Anda dapat mencari tahu topik apa yang paling banyak dicari dan menarik minat pengunjung blog/website. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset ringan dengan mengunjungi beberapa blog/website yang telah lebih dulu populer dan memiliki banyak pengunjung, serta bertukar link. Atau Anda juga bisa mencari kata kunci yang sekiranya menarik untuk menjadi topik penulisan artikel Anda.

2. Pacu traffic pengunjung blog/website Anda

Ketika Anda telah mengetahui bagaimana meningkatkan kualitas konten blog/website Anda, baik dari segi pengembangan tulisan maupun pemilihan topik atau kata kunci yang tepat, bukan tidak mungkin jumlah pengunjung di blog/website Anda akan mengalami peningkatan.

Nah, dengan meningkatnya jumlah pengunjung, peluang mendapatkan penghasilan tambahan dari Google Adsense tentu bukanlah hal yang mustahil. Terlebih jika konten atau artikel yang Anda buat didukung dengan mengoptimalkan SEO on-page dan SEO off-page.

3. Tempatkan iklan Google Adsense dengan benar dan tepat

Membuat saluran khusus iklan untuk Google Adsense dinilai sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan blog/website Anda, baik dengan membuat nama saluran baru khusus custom iklan, maupun dengan cara lainnya yang lebih relevan dengan blog/website Anda. Hal ini dimaksudkan agar pengiklan dengan sendirinya datang ke blog/website Anda.

Misalnya, ketika Anda membuat blog/website berisi tentang asuransi maka iklan yang akan muncul pada blog/website Anda pun bertemakan asuransi. Begitupun jika Anda memilih tema-tema lainnya.

Selain itu, format iklan dalam blog/website Anda juga harus maksimal. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memilih ukuran iklan yang tepat di Google Adsense, baru kemudian Anda edit agar dapat menarik orang mengklik iklan yang ada dalam blog/website Anda. Termasuk dalam hal memilih jenis font dan warna teks, pastikan Anda memilih jenis font dan warna teks yang enak dibaca.

Baca Juga: Investasi yang Bisa Bikin Anda Kaya Sebelum usia 35 Tahun

4. Pastikan loading blog/website Anda cukup ringan

Ini juga termasuk hal yang paling penting yang harus diperhatikan oleh para pemilik blog/website. Lamanya waktu loading blog/website Anda tentu berpengaruh terhadap jumlah pengunjung blog/website.

Bukan hanya orang lain, Anda sendiri tentu tidak akan nyaman jika membuka halaman atau tautan blog/website yang sangat lelet alias berat. Mereka tentu akan berpindah atau mencari blog/website lainnya yang lebih ringan dan nyaman untuk dibaca. Dengan kata lain, blog/website yang memiliki kecepatan loading lebih ringan akan membuka peluang pendapat Adsense yang lebih besar.

5. Menggunakan Hosting sendiri

Setiap kita ingin membuat sebuah blog/web, tentu yang kita butuhkan sebuah domain dan hosting. Dua hal ini tidak dapat dipisahkan. Tanpa itu semua, sama saja kita ingin membuat atau membangun rumah tetapi belum punya tanah dan lokasinya. Untuk memiliki kedua hal ini bisa di dapat secara gratis maupun yang berbayar.

Namun Sebaiknya disarankan gunakan yang berbayar. Ini Bertujuan agar kita lebih terpacu untuk bisa lebih serius dalam menekuni dunia blog dan menghasilkan. Untuk pemula sebaiknya pilih penyedia layanan hosting terbaik untuk menunjang keberhasilan blog yang akan anda kelola. Bisa dengan memilih penyedia hosting unlimited murah yang banyak ditawarkan saat ini.

Meskipun menggunakan hosting sendiri bukan satu-satu kunci keberhasilan dalam ngeblog. Namun dengan menggunakan penyedia hosting yang tepat ini akan menjadi salah satu penunjang keberhasilan anda dalam menekuni dunia blogging.

6. Jangan pernah berhenti mencoba

Ketika Anda ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari blog/website, pastikan bahwa Anda termasuk orang yang tidak mudah menyerah. Pasalnya, dibutuhkan komitmen dan konsistensi untuk mengoptimalkan blog/website untuk menjadikannya mesin uang Anda. Terlebih bagi Anda yang masih tergolong pemula. Anda dapat mencoba beberapa tips mengoptimalkan blog/website untuk menambah penghasilan dan menerapkannya ke dalam blog/website Anda.

Saat ini, ada begitu banyak tutorial yang menjelaskan hal tersebut, baik dalam bentuk teks maupun video youtube yang bisa Anda lihat dan Anda praktikan. Misalnya, tutorial untuk mengembangkan konten atau membuat artikel yang menarik, maupun tutorial untuk meraup penghasilan dari blog/website.

Nah, jika Anda sudah berhasil melakukan Tips Mengoptimalkan Blog/Website maka bukan tidak mungkin Anda akan memperoleh uang yang cukup lumayan dari hasil blogging atau mengembangkan website pribadi. Jadi, jangan hanya puas dengan penghasilan yang sudah Anda peroleh saat ini, ya! Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Pribadi Agar Hidup Lebih Baik

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Leave a Reply
  1. Mantap nih, kalau blog/websitenya sudah banyak traffic, bisa dimonetisasi dengan banyak cara seperti adsense, partnership dan lain lain.

    terima kasih tipsnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA, Apa Saja Yang Ditanggung?

Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA, Apa Saja Yang Ditanggung?

Premi Asuransi Mobil All Risk ABDA dan Total Loss Only (TLO)

Premi Asuransi Mobil All Risk ABDA dan Total Loss Only (TLO)