Tips Merawat dan mengatasi Kartu Atm Tidak Terbaca

Tips Merawat dan mengatasi Kartu Atm Tidak Terbaca – Kartu Atm Kartu ATM atau Debit Card adalah sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh Bank. Kartu ini dapat berfungsi sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai.

Tentu saja berbeda dengan kartu kredit, karena kartu debit ini yang mengacu pada saldo tabungan bank anda di bank penerbit tersebut.

Fungsi lain dari kartu debit adalah untuk memudahkan pembayaran, Seperti untuk pembayaran berbelanja tanpa harus menggunakan uang tunai. Kartu debit (debit Card) juga berfungsi sebagai alat untuk penarikan uang tunai secara instan.

Tips Merawat dan mengatasi Kartu Atm Tidak Terbaca

Tips Merawat dan mengatasi Kartu Atm Tidak Terbaca

Indonesia selain menerima kartu merek asing seperti Visa, Maestro, MasterCard, dan MEPS, negara ini juga memiliki jaringan nasional dari beberapa kartu debit domestik. Seperti Debit BCA (dan jaringan mitra Prima, Prima Debit) dan Mandiri Debit.

Dalam beberapa kasus, nomor rekening primer diberikan secara eksklusif untuk digunakan di Internet dan tidak ada kartu fisik. Di banyak negara, penggunaan kartu debit telah menjadi begitu luas, karena dapat menggantikan pembayaran melalui cek ataupun uang tunai.

Tidak seperti kartu kredit dan kartu bayar, pembayaran menggunakan kartu debit langsung ditransfer dari rekening bank pemegang kartu. Bukan mereka membayar kembali uang tersebut di kemudian hari.

Masalah Biasa Dialami oleh Pemilik ATM

Cara Mengurus ATM Hilang Dengan Beberapa Langkah Mudah

Saat ini kartu ATM hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun apa bila kartu ATM ada masalah pasti akan merasa pusing. Karena saat Anda melakukan transaksi menggunakan mesin ATM terjadi satu kendala. Seperti transaksi gagal dengan keterangan kartu ATM tidak dapat diproses.

Selain itu ada berbagai masalah yang biasa dialami oleh para pemilik ATM. Seperti masalah kartu ATM tertelan, Magnetik Strip Kartu ATM Rusak, kartu ATM terblokir, dan malahan ada yang mesin ATM tidak bisa membaca kartu ATM anda digunakan.

Bila kendalanya Kartu ATM Tidak Terbaca, Kartu ATM tidak dapat diproses, anda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Jika sudah tahu dan anda bisa menangani sendiri, anda tidak perlu repot-repot pergi ke kantor bank bersangkutan.

Baca Juga:  Cara Transfer Uang Lewat ATM Cimb Niaga yang Cepat

Penyebab Kartu ATM Yang Tidak Terbaca

Ini berkaitan dengan bagaimana nantinya cara mengatasi Kartu ATM yang tidak terbaca. Adapun penyebab kartu ATM tidak bisa terbaca diataranya adalah :

  • Strip warna hitam di ATM sudah rusak atau kartu ATM Lecet
  • Masa berlaku kartu ATM sudah habis
  • ATM terblokir yang disebabkan oleh salah pin tiga kali

Itulah beberapa penyebab dari kartu ATM tidak terbaca. Dengan keterangan kartu ATM tidak dapat diproses saat anda masukan di mesin ATM.

Untuk itu cara mengatasi Kartu ATM yang Tidak terbaca karena strip warna hitam di Kartu ATM disebabkan oleh kartu ATM lecet, Strip hitam di ATM rusak, masa berlaku kartu ATM sudah habis.

Jika itu yang terjadi anda bisa mengatasi dengan mendatangi langsung Customer Servis (CS) bank pada hari kerja. Yang Perlu anda bawa adalah KTP, buku tabungan, dan kartu ATM yang rusak.

Kartu ATM tersebut akan diganti dengan kartu ATM baru, karena kartu ATM yang tidak terbaca sudah tidak bisa lagi digunakan.

Namun Alternatif Solusi cara menangani Kartu ATM yang tidak terbaca di Mesin ATM, bisa terlebih dahulu anda coba membersihkan kartu ATM, bisa jadi kartunya kotor.

Jika itu yang terjadi anda bisa coba bersihkan strip yang berwarna hitam dari kotoran ataupun debu yang mungkin menempel di strip dengan menggunakan minyak bensin ataupun tiner.

Untuk memastikan mesin atm benar-benar tidak terbaca bisa dengan Anda mencoba menggunakan mesin ATM lainnya. Jika masih tidak bisa terbaca berarti kartu ATM anda bisa saja sudah rusak.

Sebaiknya sebelum anda coba ke mesin ATM lain, bisa lebih dulu anda bersihkan seperti cara diatas jika memang benar semua cara sudah anda lakukan tidak berhasil, tidak ada kata lain memang anda harus mendatangi CS bank bersangkutan yang mengeluarkan Debit Card baru.

Baca Juga:  Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Setor Tunai

Tips Menyimpan Kartu ATM Agar Tidak Rusak

Kartu Kredit MNC Dengan Fasilitas Layanan Bintang Lima

Sebetulnya dari pada mengatasi Kartu ATM rusak, alangkah baiknya jika anda berupaya supaya menjaga kartu ATM anda tidak rusak. Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan.

Daripada waktu anda habis untuk mengurus ATM lebih baik anda selalu menjaga agar Debit Card ada awet dan bisa selalu digunakan. Untuk itu dibawah ini ada beberapa tips agar Kartu ATM anda tidak cepat rusak:

1. Pertama kali anda membuat debit card atau kartu ATM pasti anda menerima kartu tersebut masih dalam keadaan baru.

Biasanya dilengkapi dengan lapisan plastik. usahakan plasti tersebut jangan dibuang. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi ATM agar selalu bersih dan baik.

2. Jika plastik pembungkus kartu ATM rusak anda bisa menggantinya dengan lembaran kertas lebar dua sisi ATM.

Pelapisan ini bertujuan agar melindungi bagian barcode magnet terlindungi dari kotor debu dan lengket/lembab nya dompet. Atau jika lapisan plastik rusak anda bisa membuatnya dari bahan plastik juga.

3. Jangan tumpuk bareng dengan bagian barcode saling berhadapan antara kartu ATM dengan Kartu ATM lain.

Atau kartu ATM dengan kartu kredit. Karna hal ini akan menyebabkan magnet di kartu tersebut menjadi rusak.

4. Untuk menghindari kartu ATM yang patah, jangan kantongi dompet di saku celana belakang yang kondisinya sangat ketat.

Bisa anda gunakan saku baju bagian depan untuk menyimpan dompet jika memungkinkan atau anda bawa dompet dengan tas pinggang.

5. Tips agar kartu ATM awet anda bisa membawanya saat diperlukan saja. Untuk menghindari terjadi kerusakan apa lagi jika anda membawanya di dalam dompet.

Jika terpaksa membawanya kedalam dompet anda bisa gunakan dompet  dengan bahan dasar tidak terlalu keras.

Baca Juga:  Cara Isi Ulang Pulsa Listrik Lewat ATM BRI Yang Cepat

Demikian tadi tips cara mengatasi ATM tidak terbaca dan cara menjaga supaya ATM tidak rusak. Semoga tips dan saran diatas bisa membantu dan mengatasi kendala anda dalam menggunakan kartu Debit card.

Dengan begitu kartu ATM anda akan lebih awet dan aman dan bisa menggunakan dalam waktu yang lama bila perlu sampai masa berlaku kartu ATM habis.

2 Comments

Leave a Reply
  1. Helo mister… Atm saya magnetik strip ny klihatn ny rusak saya mw trik tunai tdk bsa klw dri bank bsa gk ya tpi buku tabungan saya jga kgk klihatan wktu saya di kosan yang lama..?

  2. silahkan hubungi customer service, biasa masih bisa ganti buku dengan membawa atm dan identitas diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *