Transfer Antar Bank BNI

Transfer Antar Bank BNI, Hanya Melalui Handphone

Posted on

Masyarakat telah dilarang oleh pemerintah untuk pulang kampung selama waktu lebaran. Walaupun demikian, anda tetap dapat mengirimkan uang sebagai tanda kasih pada orang tersayang. Cara kirimkan uang yang tersedia saat ini cukup beragam. Namun bila transfer antar bank BNI, apakah dapat dilakukan hanya melalui handphone atau harus mendatangi bank?

Transfer menjadi andalan bagi banyak orang saat tidak dapat mendatangi tempat penerima uang. Transfer banyak diminati karena dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Karena prosesnya dapat dilakukan melalui ATM atau internet banking. Belum mengetahui cara transfer BNI ke bank lain? Anda akan mengetahuinya dalam beberapa saat kemudian.

Berapa Limit Transfer BNI?

Limit yang disediakan oleh BNI untuk nasabahnya beragam. Hal ini dibedakan dengan jenis rekening yang dimiliki oleh nasabah. Kartu silver dapat mencapai Rp 50.000.000 sedangkan kartu Platinum dapat mencapai Rp 100.000.000. Lantas bagaimana cara transfer BNI dengan kartu-kartu tersebut? Atau justru tersedia pilihan cara yang lainnya.

Cara Transfer BNI Mobile Banking

Cara Transfer BNI Mobile Banking

Nasabah BNI kini dipuaskan dengan hadirnya layanan mobile banking untuk transfer uang. Namun agar uang dapat tersampaikan, ikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini,

  • Login Aplikasi

Apakah anda telah memiliki aplikasi BNI mobile banking? Bila belum segera lakukan instalasi dan lakukan pendaftaran. Karena userID dan registrasi hanya dapat dilakukan di bank. Bila telah memiliki aplikasi dan userId, segera lakukan login dengan usedID tersebut. Kemudian masukan MPIN untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Opsi Transfer

Hal berikutnya yang harus dilakukan ialah memilih opsi transfer. Pada layar berikutnya ditemukan opsi antar BNI atau antar bank. Anda harus memilih opsi antar BNI untuk sesama nasabah BNI. Selanjutnya tekan menu input baru dan masukkan nomor rekening ataupun email penerima untuk kelengkapan data.

  • Nominal dan Keterangan

Dalam proses pengiriman uang, anda diwajibkan mengisi nominal uang yang dikirimkan. Pengisian nominal membutuhkan ketelitian, karena kesalahan input dapat mengakibatkan kegagalan pengiriman. Bila dirasa sudah tepat, langkah berikutnya dalam cara transfer lewat Mbanking BNI adalah memasukan keterangan transfer uang.

  • PIN dan Konfirmasi

Langkah terakhir dalam proses pengiriman ialah memasukkan PIN dan melakukan konfirmasi. Konfirmasi dilakukan untuk memastikan nomor rekening dan uang yang dikirimkan telah sesuai. Setelahnya masukan PIN sesuai yang telah didaftarkan dan tunggu hingga proses berhasil. Bila terjadi kegagalan, ulangi kembali mungkin terdapat kesalahan.

Baca juga : ATM Setor Tunai BRI, Berapa Batasan Maksimalnya? 

Cara Transfer BNI Banking Via Internet

Hal lain yang dapat dilakukan untuk transfer uang pada nasabah BNI adalah memanfaatkan internet banking. Apakah cara melakukannya sama dengan mbanking? Ini jawabannya,

  • Login Akun

Berbeda dengan mbanking, anda tidak perlu aplikasi pada layanan ini. Nasabah hanya perlu mengunjungi halaman website BNI dan melakukan login. Login di layanan ini sebelumnya harus melewati registrasi. Dan registrasi hanya dapat dilakukan di bank, untuk itu segera lakukan registrasi sebelum memanfaatkannya.

  • Opsi Transfer

Selesai dengan login, anda harus masuk dalam opsi transfer. Pada opsi ini terdapat banyak pilihan, namun opsi yang harus dipilih adalah info dan administrasi transfer. Karena internet banking tidak menyimpan data, nasabah perlu mengatur rekening penerima sebelum melakukan transfer.

  • Input Rekening

Nasabah akan dihantarkan pada menu dropdown. Pada menu inilah, nasabah memasukkan rekening tujuan dan kode bank khusus bni transfer antar bank. Bila telah selesai, masuk kembali dalam menu transaksi dan tekan menu transfer. Menu inilah yang akan membawa nasabah pada transaksi tranfer atau pengiriman uang.

  • Jenis Transfer dan Input Nominal

Di cara transfer mobile banking BNI, tidak terdapat opsi jenis transfer. Namun pada internet banking, anda dapat melakukan pemilihan. Pilihan yang tersedia adalah antar rekening BNI, online antar bank atau kliring. Pilihlah salah satunya sebelum memasukkan nominal transfer. Pemilihan dilakukan berdasarkan nomor rekening penerima.

  • Konfirmasi dan Input PIN

Setelah semua data dimasukkan, periksa kembali layar dan lakukan konfirmasi. Periksa jumlah uang yang dikirimkan dan nomor rekening penerima. Bila seluruhnya sudah benar, lanjutkan dengan memasukkan token BNI. Token akan didapat dengan bila handphone terkoneksi dengan nomor yang telah didaftarkan saat registrasi.

Transfer Antar Bank BNI Melalui ATM

Transfer Antar Bank BNI Melalui ATM

Kesulitan dengan dua layanan sebelumnya? Anda dapat memanfaatkan cara konvensional, yaitu memanfaatkan ATM. Untuk memanfaatkannya, simak ulasan dibawah ini

  • Masukkan Kartu

Dua cara sebelumnya dapat anda lakukan di mana pun, termasuk di rumah. Namun cara yang satu ini berbeda, karena nasabah harus mendatangi mesin terdekat. Setelahnya, masukkan akrtu dan pilih bahasa yang akan digunakan. Pilihlah bahasa indonesia, agar memudahkan proses selanjutnya.

  • Masukkan PIN dan Opsi Transfer

Berikutnya anda perlu memasukkan PIN kartu ATM yang telah diinput saat di bank. Berhati-hatilah saat memasukkan PIN, karena kesalahan dapat menyebabkan kartu diblokir. Jika sudah sesuai, nasabah dapat menekan opsi transfer. Pada opsi ini pilihlah opsi rekening tabungan, yang artinya uang akan dikirimkan melalui uang tabungan.

  • Jenis Transfer

Di ATM, nasabah diberikan pilihan jenis transfer yang akan dilakukan. Ada dua pilihan transfer yang dapat dilakukan, yaitu transfer ke rekening BNI ataupun rekening bank lain. Artinya melalui ATM anda dapat melakukan cara transfer BNI ke bank lain dengan mudah. Bila melakukannya, pastikan tidak lupa memasukan kode bank sebelum pengiriman.

  • Nominal Uang dan Konfirmasi

Tahapan selanjutnya adalah memasukkan nominal uang yang akan dikirimkan. Anda perlu memperhatikannya jangan sampai terlalu banyak ataupun kurang dari awalnya. Bila dinilai sudah tepat, lakukan kembali konfirmasi. Setelahnya, uang akan dikirimkan dan nasabah akan menerima bukti transfer yang menyatakan transfer berhasil.

Transfer Uang Melalui Bank

Saat anda lebih memilih cara lama untuk transfer uang, maka datangi bank adalah pilihan tepat. Caranya pun mudah, seperti yang akan diulas dibawah ini,

  • Isi Form

Proses transfer uang melalui bank banyak dipilih orang tua. Karena proses lainnya dianggap menyulitkan dan kurang terpercaya. Untuk transfer antar bank BNI, nasabah harus melakukan pengisian form. Form ini berisikan nominal uang, penerima, hingga sumber dana. Nasabah harus memasukkannya dengan lengkap, agar teller tidak kesulitan dalam transaksi.

  • Menunggu Panggilan

Saat melakukan transfer uang di bank, anda perlu menunggu antrian. Hal ini sangat tergantung dengan jumlah antrian di bank. Bila nomor telah dipanggil, maka proses transfer bank BNI dapat dilakukan dengan cepat. Namun bila jumlah antrian panjang, maka bersabarlah hingga akhirnya dipanggil. Dan transaksi dapat dilakukan oleh teller.

BNI telah sediakan banyak layanan untuk nasabah dapat melakukan transaksi transfer. Nasabah hanya perlu menentukan layanan transfer antar bank BNI mana yang akan dijadikan pilihan dan dapat diandalkan. Pilihlah layanan yang aman dan memudahkan, sehingga transaksi dapat berjalan dalam waktu cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *