Inilah Untung Rugi Take Over Kredit Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Untung Rugi Take Over Kredit Mobil – Siapa yang tidak menginginkan memiliki kendaraan pribadi? Semua orang pasti menginginkannya, karena ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan memiliki kendaraan pribadi.

Salah satu yang pasti adalah dalam hal kenyamanan. Karena dipastikan Anda akan terbebas dari berdesak desakan di dalam angkutan umum, baik itu bus ataupun kereta api. Selain dengan memiliki kendaraan pribadi terutama mobil pribadi juga meminimalisir resiko kecelakaan akibat ulah supir yang ugal ugalan.

Dengan segala kemudahan yang didapatkan dengan memiliki sebuah mobil membuat permintaan akan alat transportasi yang satu ini meningkat dari tahun ke tahun. Banyak orang yang sekarang ini mendambakan memiliki sebuah mobil untuk berbagai keperluan.

Sepeti untuk mendukung jalannya usaha atau untuk sarana transportasi keluarga, namun ada juga yang menjadikan mobil ini sebagai salah satu investasi. Tapi dibalik semua itu ada sebuah permasalahan yang dihadapi oleh mereka yang ingin memiliki mobil.

Harganya yang tidak murah dan penghasilan yang minim membuat banyak orang mulai mengubur dalam dalam impian mereka mendapatkan mobil.

Baca Juga:  Apa Itu Rekening Bersama ( Rekber ) dan Keuntungan Menggunakannya

Kemudahan Memiliki Mobil Dengan Kredit Mobil

Inilah Untung Rugi Take Over Kredit Mobil

Ini adalah solusi bagi mereka yang tidak memiliki cukup uang untuk memiliki mobil, membeli mobil secara kredit adalah salah satu alternatif memiliki mobil yang paling masuk akal. Kemudahan inilah yang kemudian membuat laju pertumbuhan kepemilikan mobil.

Hal ini menjadikan kredit mobil meninggi, bahkan jauh lebih tinggi daripada pembelian mobil secara tunai. Berbagai kemudahan ini seperti keringanan Down Payment (DP) atau uang muka hingga potongan angsuran yang membuat mendapatkan mobil menjadi semakin mudah.

Selain itu masih ada lagi alternatif lain yang cukup masuk akal kalau kredit mobil masih terlalu mahal untuk Anda. Dengan melakukan pembelian mobil secara over kredit. Kalau Anda masih ragu, inilah untung dan ruginya membeli dengan cara Take over kredit mobil.

Take Over Pembelian Kredit Mobil

Konsumen saat ini sudah semakin dimudahkan dengan pembelian secara kredit, namun hati hati jangan gegabah melakukan pembelian secara kredit mobil ini. Kalau anda sampai gagal membayar angsuran sebelum angsuran anda berakhir maka akan menjadi bencana bagi keuangan anda.

Sistem pembelian mobil yang saat ini paling umum adalah ballon paymentdimana. Dalam system ini konsumen diharuskan untuk membayar DP mobil minimal sebesar 30% dari harga mobil. Lalu 20% yang harus dicicil konsumen pada tahun pertama dan 50% yang harus dicicil konsumen pada tahun keempat dan kelima.

Sistem ini membuat banyak orang tertarik karena hingga tahun ke tiga nilai yang dibayarkan masih terlihat kecil. Namun berhati hatilah karena di tahun keempat dan kelima nilai cicilan akan menjadi sangat besar.

Disinilah banyak konsumen yang akhirnya terkendala pembayaran hingga akhirnya terjadi kredit macet. Inilah kenapa akhirnya banyak orang yang akhirnya melakukan Take over kredit mobil atau menjual mobilnya sebelum masa kredit berakhir.

Alternatif Take over kredit mobil ini memang lebih menjanjikan daripada melakukan kredit mobil regular, namun Anda harus memperhatikan banyak hal sebelum melakukan over kredit.

Baca Juga:  6 Tips Membaca Polis Asuransi Agar Mudah Memahami

Keuntungan Take Over Kredit Mobil

Kredit Mobil Baru DP Murah Cicilan Ringan, Pertimbangkan Ini Sebelum Mengajukan

Melakukan Take over kredit mobil memang menawarkan berbagai macam keuntungan, mulai dari usia mobil yang masih muda hingga mendapatkan harga jual  mobil yang lebih murah. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui keuntungan Take over kredit mobil.

Selain itu anda juga tidak perlu direpotkan berbagai persiapan kredit mobil dan juga tidak pelu menunggu permohonan kredit anda disetujui, karena pada dasarnya mobil yang Anda over kredit sudah melalui itu  semua.

1. Mendapatkan mobil yang relatif masih baru

Usia yang tergolong masih baru sangat mungkin anda dapatkan karena usianya tidak terlalu jauh sejak mobil itu dibeli secara kredit pertama kali. Jadi anda tidak perlu kuatir soal kondisi mesin karena kondisinya masih relatif baru.

2. Masih berlaku garansi mobil

Ini salah satu keuntungan anda melakukan Take over kredit mobil, karena kebanyakan mobil yang di over kredit usianya masih muda, jadi otomatis garansi juga masih berlaku.

3. Premi asuransi yang murah

Mengapa? Karena premi asuransi mobil yang usianya dibawah 5 tahun lebih murah daripada yang usianya diatas 5 tahun. Tingkat resiko kerusakan mobil yang usianya muda jauh lebih rendah daripada yang usianya sudah diatas 5 tahun.

4. Masa angsuran pendek

Dengan over kredit anda dipastikan mendapatkan masa angsuran yang lebih pendek daripada yang semestinya. hal ini akan lebih meringankan anda tentunya.

Kalau penjual membeli mobil dengan kredit sebanyak 48 bulan dan sudah membayar hingga 24 bulan, maka anda hanya perlu membayar angsuran kredit mobil 48 – 24 yaitu hanya selama 24 bulan saja.

5. Harga yang lebih murah

Dengan melakukan negoisasi dengan pemilik mobil, maka anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan kredit mobil baru.

Biasanya sebagian besar alasan mereka melakukan over kredit adalah kesulitan keuangan hingga tidak bisa lagi membayar cicilan mobil.

Baca Juga:  9 Cara Mengelola Keuangan Gaji Bulanan Yang Baik

6. Kerugian Over Kredit Mobil

Over kredit mobil memang menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan, tapi tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dengan memperhatikan beberapa kerugian dan kelemahan over kredit ini maka anda Anda dapat memahami potensi potensi resiko yang akan Anda hadapi dalam over kredit mobil.

7. Pengetahuan mesin kendaraan

Walaupun memiliki usia yang masih relative muda tapi bukan berarti Anda tidak perlu memeriksa kondisi mobil. Ini dikarenakan Anda tidak pernah tahu apakah pemilik mobil sebelumnya selalu mengecek kondisi mobil.

Seperti Mengecek kondisi mobil secara berkala, kartena ada juga pemilik mobil yang tidak perduli dengan kondisi mobil. Kalau anda tidak paham akan hal ini anda bisa mengajak teman atau saudara yang paham untuk membantu pengecekan.

8. Ada beberapa pihak yang terlibat

Ini juga salah satu hal  yang cukup merepotkan dalam proses over kredit mobil, karena harus ada beberapa pihak yang terlibat termasuk pihak leasing.

Karena semua proses over kredit harus berjalan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Ini dimaksudkan untuk menghindari berbagai masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Pilihan Take Over Kredit Mobil

Selain dari hal hal yang sudah disebutkan diatas biaya proses Take over kredit mobil ini juga tidak sedikit. Biasanya biaya disesuaikan dengan harga yang sesuai dengan harga kendaraan.

Selain itu Anda juga harus mempersiapkan dana lebih untuk balik nama. Kalau mobil yang anda over kredit berasal dari luar daerah anda membeli maka Anda juga harus mempersiapkan mutasi juga.

Sebelum anda memutuskan untuk over kredit ada baiknya anda menghitung terlebih dahulu perkiraan biayanya supaya tidak mengeluarkan dana yang terlalu besar.

Mempuyai mobil pribadi yang sudah menjadi idaman bisa dikatakan adalah kepuasan tersendiri. Pilihan over kredit ini banyak dipilih karena banyak pembeli yang merasa kurang nyaman dengan membeli mobil bekas yang usianya sudah lebih dari 5 tahun namun harganya masih cukup tinggi.

Baca Juga:  Manfaat dan Fungsi Buku Besar Dalam Keuangan

Pastikan Anda benar benar memahami seluk beluk over kredit sehingga Anda dapat memperoleh maksimal keuntungan over kredit. Jangan gegabah dan selalu berhati hati dalam mengambil keputusan over kredit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *