Kirim ArtikelJadikan Tulisanmu Banyak Yang Baca dan Bermanfaat Bagi Orang Lain di Zonkeu

Untungnya Memiliki Asuransi Mobil, Cari Tahu Fasilitasnya

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki sebuah kendaraan yang akan selalu menemani Anda dalam setiap perjalanan Anda baik aktifitas rutin maupun insidentil. Kendaraan berupa mobil mungkin menjadi sebuah pilihan anda dalam mobilisasi aktifitas tersebut. Adakalanya dalam berkendara dengan mobil kesayangan, Anda merasa was–was akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi dalam perjalanan.

Saat ini, dalam kepemilikan kendaraan mobil, baik itu anda beli tunai maupun secara cicilan, sudah disertai fasilitas asuransi yang memproteksi kendaraan anda secara baik. Dalam hal anda memiliki asuransi mobil, baiknya anda memperhatikan fasilitas yang diberikan oleh pihak yang menjamin kendaraan anda dalam hal ini pihak asuransi, jangan sampai ketika anda mengajukan klaim atas musibah yang anda dapatkan, ternyata tidak di tanggung oleh pihak asuransi.

Sedapat mungkin Anda wajib mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara menuju tujuan. Namun, jikalau didalam perjalanan tadi anda mengalami insiden yang tidak diharapkan, anda harus mempersiapkan rencana maupun dana cadangan untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Untungnya Memiliki Asuransi Mobil, Cari Tahu Fasilitasnya

Apa Itu Asuransi Mobil?

Sebelum menjelaskan fitur dan fasilitas asuransi kendaraan mobil, baiknya kita mulai terlebih dahulu dengan definisi dan pengertian asuransi mobil. Apa itu asuransi mobil ? Asuransi mobil adalah sebuah layanan perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi terhadap mobil yang anda miliki. Asuransi ini memberikan perlindungan pada mobil pribadi maupun penggunaan secara bisnis dari beragam resiko seperti : kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan hingga kerusuhan.

Faktor Alasan Punya Asuransi Mobil

Kecelakaan lalu lintas adalah penyebab kematian tertinggi ketiga setalah jantung coroner dan TBC. Kelalaian manusia menjadi penyebabnya, kita tidak pernah tau kapan waktu nahas akan menimpa diri kita ketika sedang berkendara. Meskipun kita berkendara secara aman, belum tentu orang disekitar kita juga memiliki style berkendara dengan baik, bisa aja kita menjadi korban atas perilaku ugal –ugalan orang yang tidak mengerti berkendara yang baik.

Untungnya Memiliki Asuransi Mobil, Cari Tahu Fasilitasnya

Baca juga: Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

1. Rusaknya Kendaraan

Resiko yang akan banyak terjadi di jalan, baik resiko kematian maupun resiko kerusakan kendaraan menjadi faktor alasan mengapa anda harus memiliki asuransi ini. Banyak contoh kasus yang terjadi di perjalanan, untuk biaya perbaikan kendaraan yang tentunya harus merogoh kantong anda lebih dalam dapat dialihkan pertanggungan perbaikan kendaraan kepada pihak asuransi dengan cara mengklaim kejadian dan bentuk kerusakan terhadap kendaraan anda.

2. Kehilangan Kendaraan

Faktor lain yang mempengaruhi mengapa anda harus memiliki asuransi mobil selain kecelakaan dan insiden dijalan, yaitu Kehilangan kendaraan kesayangan anda. Dimana aksi begal dan perampokan disertai pencurian kendaraan menjadi semakin meningkat di setiap kawasan yang menyasar tidak hanya di kota besar tetapi juga kota kecil. Adalah sebuah alasan yang tepat, jika anda memutuskan untuk melindungi kendaraan anda dari kejadian yang diluar kehendak anda.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil

Lalu setelah anda sudah siap untuk memiliki sebuah polis asuransi mobil, anda pun pasti bertanya – tanya, keuntungan apa saja yang di dapat jika memiliki asuransi ini, beberapa keuntungan yang akan didapat oleh anda, antara lain :

  • Perlindungan Kendaraan Maksimal
  • Ganti Rugi Kerugian
  • Investasi Perawatan

Baca juga: Asuransi Mobil Terbaik untuk Mobil Anda

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Selain itu, jenis asuransi mobil yang perlu anda ketahui sebelum memiliki polis asuransi mobil, yaitu :

1. Asuransi Mobil All Risk :

Dapat diartikan sebagi perlindungan total dari semua bentuk resiko yang terjadi kepada kendaraan anda. Jenis asuransi ini merupakan yang kompleks dan lengkap secara keseluruhan. Yang mana dimaksudkan asuransi akan membayarkan klaim untuk segala jenis kerusakan. Baik kerusakan ringan, sedang, maupun berat sampai dengan kehilangan. Untuk premi biaya yang akan anda bayarkan akan jauh lebih mahal, tetapi sebanding dengan manfaat yang akan anda terima di kemudian hari.

2. Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only) :

Asuransi ini hanya bersifat parsial pada jenis kehilangan saja. Artinya jika kendaraan anda mengalami kehilangan baik dalam kasus pencurian maupun perampokan dan terjadi sebuah kerusakan yang dialami kendaraan. Sampai dengan level 75% kendaraan anda tidak lagi bisa di pergunakan, maka asuransi akan membayarkan klaim anda. Memang tidak selengkap jenis yang all risk, tapi dari segi jenis pembayaran preminya, asuransi TLO ini lebih murah jika dibandingkan dengan all risk.

Anda bisa menyesuaikan kebutuhan asuransi bergantung pada kendaraan yang dimiliki. Jika kendaraan anda hanya bersifat stan by saja dan lebih sering terparkir dirumah anda pilih jenis TLO. Karena faktor kerusakan bukan menjadi hal yang prioritas, tetapi lebih banyak mengarahkan pada perlindungan pencurian dan kehilangan. Jika kendaraan anda sering berada dijalan dan lebih sering melewati rute yang padat, dimana tingkat resiko yang terjadi akan sangat besar, sudah sepantasnya anda memilih jenis asuransi ALL risk.

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal ini Sebelum Menggunakan Asuransi Mobil All Risk

Pertimbangkan secara mendalam dan mendetail terhadap produk asuransi yang akan anda pilih. Agar tidak terjadi kesalahpahamana antara anda dengan pihak asuransi ketika mengajukan klaim.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *