Ingin Mengajukan Pinjaman ke Bank? 6 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan

Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank – Mau buka usaha, modal tidak mencukupi, mau jual barang namun sayang, mau lihat tabungan cuma tidak bisa diandalkan. Jika semua segala upaya sudah dilakukan namun masih belum mendapatkan modal atau kebutuhan mendesak lainnya.

Tidak ada jalan alternatif lain sebagai solusi untuk menambah atau mendapatkan dana kecuali dengan mengajukan kredit ke bank. Apalagi saat ini banyak sekali bank dan lembaga pembiayaan gencar menawarkan pinjaman ke pada masyarakat.

Apakah semudah yang anda bayangkan hanya cukup sekadar mengajukan permohonan pinjaman ke Bank, kemudian langsung? Ternyata tidak semudah itu prosesnya.

Karena Anda harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak bank yang bisa anda tanyakan langsung di Kantor cabang Bank bersangkutan untuk lebih jelasnya.

Pertimbangkan Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank

Mengajukan Pinjaman ke Bank

Namun anda sebagai masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman ke Bank harus juga mempertimbangkan beberapa hal. Ini harus anda lakukan ketika ingin melakukan pengajuan pinjaman (kredit), diantaranya adalah:

1. Cari Yang Sesuai Sebelum Mengajukan kredit Bank

Pinjaman atau kredit adalah sebuah keputusan yang membutuhkan komitmen. Ada kewajiban membayar pada langkah selanjutnya.

Jadi, pertanyaan penting yang wajib dijawab pertama kali adalah, ‘Dapatkah nantinya Anda membayar cicilan bulanan atas pinjaman yang anda dapatkan.

Itu sebabnya Anda perlu menyesuaikan cicilan yang akan dilakukan dengan kemampuan keuangan. Caranya tentu dengan mencari pinjaman yang memiliki bunga murah dan cicilan ringan.

Baca Juga:  8 Hal Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengajukan Kredit Rumah

2. Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank Bandingkan Setiap produk

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman di bank sebaiknya anda bandingkan terlebih dahulu setiap produk antara bank yang satu dengan bank lainnya. Bagaimana caranya? Apakah perlu mendatangi satu persatu bank dan menanyakan?  Tentu saja tidak.

Sebab langkah ini bisa dilakukan melalui layanan finansial online yang banyak tersedia saat ini. Anda bisa menggunakan kalkulator simulasi kredit untuk bahan pertimbangan dengan pinjaman yang akan anda ajukan.

3. Sebelum Kredit Bank Ketahui sistem bunganya

Bukan cuma hanya cicilan yang sesuai kemampuan saja, namun sebaiknya cari tahu juga sistem bunga yang diberlakukan. Ada dua sistem bunga yang biasanya dipakai oleh bank, yaitu sistem bunga flat (tetap) dan efektif.

Dua sistem itu memiliki cara berbeda dalam perhitungannya. Bertanyalah kepada layanan pelanggan tentang kredit yang ditawarkan.

Cari tahu gambaran tentang berapa besar angsuran yang harus Anda bayarkan per bulannya dan total pengembalian kredit yang nantinya akan dibayarkan pada bank.

Karena dengan perhitungan itu akan diketahui sistem apa yang dipakai jadi jika nanti dalam angsuran anda sudah tidak terkejut lagi.

4. Mengajukan Pinjaman ke Bank Sebaiknya Gunakan Agunan

Saat ini beberapa bank memang menyediakan kredit tanpa agunan. Namun, jika memang terdesak untuk melakukan pinjaman, Anda bisa memilih kredit yang membutuhkan agunan atau jaminan.

Sebab pinjaman dengan agunan biasanya lebih mudah dan cepat untuk dicairkan. Karena dari pihak bank akan lebih yakin dan percaya dengan adanya agunan.

Baca Juga:  Ingin Membangun Rumah Tanpa Modal?, Begini Caranya

5. Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank Tentukan besar kecil cicilan

Cicilan untuk sebuah pinjaman sangat berpengaruh berapa lama anda akan mencicil dan berapa besar cicilan anda setiap bulannya. Jika anda akan memilih angsuran jangka panjang tentu angsuran anda akan semakin kecil.

Namun perlu anda ketahui, itu membuat bunga yang dibayarkan biasanya jauh lebih besar dari pinjaman pokok. Karena itu, jika alokasi pendapatan Anda untuk membayar cicilan bisa memenuhi kredit dengan jangka waktu pendek, itu akan lebih baik.

Di samping kewajiban membayar cicilan semakin cepat, bunga yang harus dibayar pun akan lebih kecil walaupun ansurannya terlihat besar.

6. Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank Ketahui rasio kredit

Agar kondisi finansial Anda tidak terganggu dikemudian hari dengan anda kredit, biasanya kredit yang Anda ambil idealnya memiliki biaya angsuran maksimal 30% dari pendapatan Anda.

Jadi, jika pendapatan Anda Rp100 juta per bulan, maka usahakan angsuran per bulan kurang dari Rp 30 juta per bulan. Itu hanya gambaran saja jika penghasilan anda lebih kecil bisa sesuaikan saja.

Karena ini menjaga kemungkinan seandainya anda juga memiliki cicilan lain di luar dari yang ingin diajukan. Mungkin juga banyak biaya lain yang masih anda tanggung.

Baca Juga:  Cara Kredit di Bank Muamalat Lengkap Dengan Syaratnya

Mungkin itu saja Tips sebelum anda mengajukan pinjaman ke bank. Ini hanya sebagai pedoman agar dikemudian hari saat anda berniat mengajukan sudah bisa apa saja yang perlu diperhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *